background

Menumbuhkan Karakter Professional Mahasiswa, ini yang dilakukan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Dwijendra University

Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Dwijendra University, tiada henti berupaya  mengembangkan karakter profesional mahasiswanya agar memiliki daya saing yang memadai dalam  menghadapi dinamika zaman dan  kesiapan menghadapi dunia kerja atau pun dalam berwirausaha. Salah satu kegiatan  penting untuk pencapaian komitmen tersebut adalah dengan melaksanakan Kuliah Kerja Profesi (KKP) di Lembaga Penyiaran Publik TVRI Bali, mulai Selasa 18 Januari 2022.

Dalam acara pembukaan kegiatan KKP di Aula TVRI Bali dihadiri oleh mahasiswa peserta KKP, Rektor Dwijendra University, Dekan Fikom dan Kaprodi, para pejabat struktural dilingkungan TVRI Bali, dan Kepala Stasiun TVRI Bali I Ketut Leneng,S.H, yang bertindak sebagai narasumber tentang “Tata Kelola Lembaga Penyiaran TVRI Bali”.

Ketut Leneng, selaku Kepsta TVRI Bali sangat antusias menerima kunjungan civitas akademika Fakultas Imu Komunikasi dan Bisnis, karena dapat berdiskusi dan sharing informasi berkenaan dengan dinamika dunia kepenyiaran televisi. Pada saat tanyajawab dengan mahasiswa beliau terus menyosialisasikan  bahwa Indonesia akan mulai  memasuki era penyiaran TV digital. Migrasi dari TV analog ke TV digital akan berlangsung hingga 2 November 2022. Setelah tanggal tersebut otomatis TV analog tidak bisa digunakan  lagi, hanya TV digital yang beroperasi, jelasnya.

Di awal acara pembukaan  dilaksanakan juga penandatanganan MoU antara Rektor Universitas Dwijendra dengan Kepala TVRI Bali. Rektor  Dr Ir  Gede Sedana M.Sc., M.M.A, mengatakan bahwa MoU ini akan menjadi pijakan penting ke depan dalam melakukan kolaborasi kegiatan antara TVRI Bali dengan Universitas Dwijendra. Kerjasama dengan mitra Perguruan Tinggi harus dioptimalkan, terlebih lagi  di Era Merdeka Belajar,Kampus Merdeka (MBKM). Pelaksanaan KKP mahasiswa Ilmu Komunikasi di institusi penyiaran sangatlah penting dilakukan karena mahasiswa harus tahu kondisi faktual di lapangan. Kata rektor, “dibalik tersajinya berbagai program siaran TV terdapat berbagai aktivitas dibelakang layar yang harus diketahui, seperti peralatan teknik siaran  yang menunjang dan  peran awak media serta tim kreatif yang sangat menentukan keberhasilan sebuah program siaran, pungkasnya.

ementara itu Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Drs W.Kotaniartha, M.H.,M.I.Kom, dalam laporannya menyampaikan bahwa mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi yang mengikuti program KKP sebanyak 57 orang, dari semester lima dan tujuh. Aktivitas KKP yang dilakukan selama dua minggu tersebut yakni observasi, menghimpun data tatakelola lembaga, melakukan analisis atau pemantauan program siaran tertentu dan penyusunan laporan. Tujuan penyelenggaraan KKP selain sebagai implementasi kurikulum program studi, serta mengenal kondisi kerja di lapangan, juga yang sangat esensial adalah sebagai upaya menumbuhkan sikap atau karakter professional para mahasiswa. Menumbuhkan profesionalisme merupakan “upaya membangun pola pikir dan perilaku karakter  professional yang harus dipupuk dan dibentuk sejak dini, yakni semasih berada dibangku kuliah”, terangnya.