background

Blog

Denpasar (27/10/2023) | Sebagai wujud implementasi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen dan Mahasiswa FikomBis Dwijendra University gelar Pengabdian Kepada Masyarakat(PKM) dengan menyasar kalangan siswa SMA PGRI 4 , Jumat (27/10/2023) di Desa Sumerta Kaja Denpasar. Kegiatan difokuskan untuk pengembangan keterampilan komunikasi dan kemampuan cerdas bermedia.

 

Kegiatan pembukaan Pengabdian yang mengusung tema “Cakap Berkomunikasi” ini,  dilaksanakan di Aula SMA PGRI 4 Denpasar, dihadiri oleh Rektor Dwijendra University, Sekretaris Desa Sumerta Kaja, Pengempon  Pura Puseh, Wakil Kepala Sekolah SMA PGRI, Bunda Literasi Desa Sumerta Kaja, Ketua Badan Permusyawaratan Desa, aparat desa, perwakilan Guru, LPPM Dwijendra University dan melibatkan  peserta pelatihan sebanyak 60 siswa. 

Saat memberi kata sambutan dan membuka kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Rektor Dwijendra University mengajak  segenap siswa peserta agar  terus mengembangkan kompetensi personal seperti kemampuan berbicara di depan umum, karena keterampilan berkomunikasi akan memberi nilai tambah dalam hidup bermasyarakat dan berkarier dalam pekerjaan apapun kelak. “Sepintar apapun diri kita, ketika kita tidak mampu mengomunikasikan ide yang kita miliki,  maka kepintaran tidak akan bermakna. Saya berharap  jika anda berminat mengembangkan skills berbicara silakan hadir ke Dwijendra University untuk berlatih sebagai penyiar di Radio Komunitas Dwijendra 107.07 FM.” Ujar Rektor Prof.Dr.Ir. Gede Sedana, M.Sc., M.M.A.

Sementara itu Sekretaris Desa Sumerta kaja I Gede Budiartha (mewakili kepala Desa), sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini dan berharap agar nantinya bisa juga berlanjut diberikan kepada aparat desa. “Saya berharap kepada siswa peserta agar menyimak dengan baik karena ini terkait dengan pengembangan mentalitas, juga pengembangan ilmu dan praktik komunikasi.” harapnya.

Senada juga sebagaimana disampaikan wakil kepala sekolah Ni Putu Riska Pratiwi,S.Pd, sangat menyambut baik kegiatan pelatihan ini karena pasti akan sangat bermanfaat bagi kualitas lulusan SMA PGRI 4 Denpasar, baik saat masih di sekolah dan dimanapun nanti bekerja selepas menamatkan pendidikannya. ”Ternyata alumni  kami SMA PGRI 4,  yang meneruskan kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Dwijendra University,  mampu meraih banyak prestasi bidang akademik dan non akademik, ini sangat membanggakan kami” tuturnya.

Dekan FikomBis Drs I Made Sutika, M.Si didampingi Wadek/Kaprodi Ilmu Komunikasi Ni Nyoman Ciptadewi, S.Sos.,M.I.Kom, menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian ini sebagai salah satu unggulan yang  secara rutin digelar setiap tahun, dengan menyasar  segmen generasi muda dan komunitas tertentu. Pelatihan yang berlangsung dua setengah jam, menghadirkan dua dosen narasumber  yakni Ni Made Adi Novayanti, S.I.Kom.,M.I.Kom memberi materi tentang public speaking dan Astuti Wijayanti,S,Psi., M.I.Kom, sebagai narasumber materi Literasi Media Relations. Kegiatan pelatihan dipandu oleh moderator  I.G.A.Laksmi Swaryputeri., S.ST.Par.,M.M., M.I.Kom.

Rangkaian pelaksanaan kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa, sambutan pembukaan Rektor Dwijendra University, sambutan kepala sekolah, sambutan Sekretaris Desa, penyerahan plakat, tanaman upakara, pelatihan dan tanyajawab, terakhir  acara ditutup dengan foto bersama (TimpubdokfikomBis)