background

Blog

Menyongsong Dies Natalis Dwijendra University ke-42, FikomBis menggelar seminar yang dirangkaikan dengan kegiatan Communication Festival (Comfest) 2024, direspon antusias oleh peserta kalangan Gen-Z dari perwakilan siswa SMA/SMK dan Mahasiswa se-kota Denpasar. Seminar bertujuan memberi penguatan keterampilan komunikasi di tengah dinamika era digital dan masifnya dampak teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Seminar bertema Creative in Communi-Action For Gen-Z,  dilaksanakan Kamis (18/07/2024) bertempat di Aula Sadhu Gocara Yayasan Dwijendra Denpasar.

Hadir sebagai nara sumber, Komang Rahayu Indrawati,S.Psi.,M.Psi, Psikolog dari Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, dan Prof Dr Ir Gede Sedana, M.Sc., M.MA, Rektor Universitas Dwijendra, dan dipandu oleh Drs W Kotaniartha.SH,M.H,, M.I.Kom, dosen FikomBis. Kegiatan dibuka oleh Rektor dan kata sambutan dari Ketua Yayasan Dwijendra Dr I Nyoman Satia Negara,S.H.,M.H.. Saat acara pembukaan ditampilkan Dance K-Pop Performance oleh peserta dari SMK Dwijendra

Gede Sedana dalam paparannya menekankan tentang pentingnya membangun kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional hakekatnya untuk memahami kesadaran diri, yang berperan untuk bagaimana mampu mengatur diri, mengontrol diri dalam kaitannya dengan pengembangan ketrampilan komunikasi. Dengan kecerdasasan emosional akan sangat membantu seseorang menerapkan komunikasi yang beretika dan cerdas bermedia.

Sementara itu Komang Ayu Indrawati, sangat berharap agar generasi muda terus memperkuat Communication Skill agar semakin kreatif dan mampu melahirkan inovasi-inovasi yang bermanfaat, bukan saja untuk diri sendiri, melainkan juga untuk kepentingan masyarakat. “Jangan sebagai penonton, tetapi harus mampu menjadi creator, motivator dan leader” pungkasnya.

Ketua Yayasan Dwijendra menyambut antusias kegiatan Comfest 2024, dan berharap melalui semua bentuk kegiatan yang dilaksanakan dapat memotivasi kalangan Gen-Z untuk  selalu membangun karakter kreatif. Kami menyambut baik, dan silakan gunakan fasilitas yayasan untuk tujuan positif bagi penguatan keterampilan kalangan anak muda. “saya berharap melalui berbagai kegiatan ini akan membuat Dwijendra semakin dikenal luas dan banyak kalangan muda yang berkenan menimba pendidikan di lingkungan Yayasan Dwijendra” harapnya.

Dekan Fikombis Drs I Made Sutika ,M.Si, melaporkan bahwa peserta seminar diikuti 100 orang peserta dari perwakilan kalangan siswa SMA/SMK dan mahasiswa se-kota Denpasar. Dekan juga melaporkan berbagai kegiatan comfest 2024 selain seminar, yaitu : lomba video tiktok, lomba presenter TV, lomba foto jurnalistik, yang dinilai oleh tim juri professional dari akademisi dan praktisi media.

Di sela kegiatan seminar dan Comfest, oleh panitia diumumkan para pemenang lomba Comfest 2024 sebagai berikut : Juara lomba (internal mahasiswa FikomBis) Video Tiktok yang khusus disponsori oleh Rektor Dwijendra University diraih oleh: Juara 1 : Kelompok. 13 (Smt. II ),juara 2 Klp. 14 (Smt. IV), Juara 3 : Klp. 7 (Smt. VI), Juara Favorit : Klp. 2 (Smt. IV)

Untuk jenis lomba kalangan umum : Juara TV Presenter diraih oleh:Juara 1 : Ceni Anggreni (Universitas Udayana), Juara 2 : Nova Fitria (Universitas Udayana), dan Juara 3 : Tri Larasati (Universitas Udayana). Juara Photojurnalistik diraih oleh: Juara 1 : Suputra Gani (ISI Denpasar),  Juara 2 : Bagus Cipta (Universitas Dwijendra), dan Juara 3 : Dana Saputra (PNB Bali). (TimPubdok FikomBis)